Artikel

Tips Merawat Sunroof Agar Tetap Awet

Hai Honda Megatama Lovers!

Tak lengkap rasanya jika mobil Honda varian tertinggi tanpa dilengkapi dengan sunroof. selain fitur sunroof ini memberikan kesan mewah pada mobil dan memberikan kenyamanan dalam berkendara untuk menghidup udara segar saat melaju di daerah pegunungan. Saat ini honda telah menghadirkan fitur ini di 5 model terbarunya All New Honda Accord, Honda CR-V Prestige Turbo, Honda CR-V Black Edition, Honda HR-V SE CVT, Honda HR-V Turbo RS.

Namun yang perlu diketahui, bagi pemilik mobil yang memiliki fitur sunroof mau tidak mau harus memperhatikan atau tidak boleh lengah dalam merawat sunroof tersebut. Karena jika sampai sunroof mobil tersebut rusak tentunya untuk memperbaiki sunroof mobil juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah berikut cara merawat Sunroof agar tetap awet :

1. Bersihkan Sunroof Secara Rutin

Ketika Anda membuka sunroof, maka akan ada kotoran mulai dari debu, pasir hingga kerikil yang dapat menempel di rel sunroof. Akibatnya, rel jadi bergesekan langsung dan membuat macet jalur rel.
Apabila dibiarkan lama tanpa dibersihkan, otomatis kotoran akan menumpuk di rel sehingga mengganggu jalur pembuangan air. Akibatnya, saluran drainase pun tersumbat. Ketika air menggenang, rel lama-kelamaan akan berkarat dan akhirnya memicu kebocoran

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Di sunroof terdapat karet yang mencegah masuknya air ke dalam kabin saat hujan. Karet ini bisa cepat getas atau kering dan pecah-pecah apabila sering terkena sinar matahari langsung. Akibatnya, karet bisa rusak dan menyebabkan kebocoran. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memarkirkan mobil di tempat teduh. Minimal, ada penutup di bagian sunroof agar karet tidak terjemur. Selain itu, jaga kekenyalan karet sunroof dengan silicone spray agar tetap berfungsi dengan sempurna.

3. Lindungi Rel Sunroof

Bukan hanya kaca sunroof yang harus dirawat. Anda juga harus memperhatikan kondisi rel sunroof. Rel sunroof bisa saja rusak karena teralu sering digunakan atau termakan usia. Perawatan rel sunroof sebenarnya sangat sederhana. Cukup lapisi rel dengan lapisan gemuk cair dan bersihkan kerak dan karat agar rel kembali lancar bergerak.

4. Jangan Diamkan Sunroof Terlalu Lama

Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa rusak dengan sendirinya. Sunroof juga demikian. Bila tidak digunakan terlalu lama, maka bisa saja rusak. Meskipun Anda tidak pernah menggunakan mobil tersebut, setidaknya gerakkan sunroof dengan membuka dan menutupnya minimal 3 minggu sekali agar rel tidak lengket di kaca sunroof dan akhirnya sulit untuk dibuka.

5. Keringkan Setelah Tersiram Air

Jangan pernah membiarkan rel sunroof terlalu lama basah. Hal ini untuk mencegah karat timbul dan merusak kinerja rel sunroof itu sendiri. Selain itu, kaca sunroof juga wajib dikeringkan. Jangan sampai waterspot atau jamur kaca merusak penampilan sunroof Anda. Air yang dibiarkan mengering dengan sendirinya juga bisa menjadi kerak yang akan mengganggu penampilan serta kinerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.