Artikel

Tips Cara Menggunakan Seat Belt dengan Benar

Seat Belt atau sabuk pengaman merupakan alat yang wajib digunakan ketika berkendara menggunakan mobil demi keselamatan diri. Namun sejak pertama kali diciptakan tahun 1955, masih banyak pengemudi maupun penumpang yang tidak mengetahui tips menggunakan seat belt dengan benar.

Penggunaan seat belt yang benar akan membantu pengemudi maupun penumpang untuk terhindar dari kejadian-kejadian yang tak diinginkan.Lalu, bagaimana sebenarnya tips dan cara menggunakan seat belt yang tepat? Berikut penjelasannya.

1. Gunakan Sabuk Bagian Atas dengan Benar

Secara umum, sabuk pengaman diciptakan oleh produsen mobil yang sudah menyesuaikan dengan segala bentuk pundak dari pengendara maupun penumpang. Para pengemudi kerap kali mengeluhkan bahwa tali dari sabuk pengaman tidak nyaman. Bahkan, mereka justru menggunakan sabuk pengaman dengan menyelipkannya di belakang punggung.

Perlu diketahui, jika Anda melakukan hal serupa, kemampuan sabuk pengaman untuk melindungi keselamatan akan menurun. Sabuk pengaman dirancang untuk memberikan kekuatan pada area tubuh. Jika tidak menempatkan tali ini pada bagian tubuh dengan benar, kekuatan untuk melindungi diri Anda tidaklah mungkin terjadi.

2. Perhatikan Tali Bagian Bawah Seat Belt

Pastikan tali bagian bawah seat belt berada di atas sekitar pinggang. Sabuk pengaman didesain untuk memberikan kekuatan pada panggul agar tubuh tidak terlempar jauh ketika terjadi kecelakaan.

3. Posisi Duduk

Duduklah dalam posisi yang tegak, sejajarkan punggung dengan sandaran kursi. Hindari menurunkan posisi kursi lebih dari yang dibutuhkan. Apabila sandaran diturunkan secara berlebihan, ketika terjadi suatu kecelakaan maka sabuk tersebut bisa saja melewati pinggang dan menahan perut sehingga dapat menyebabkan cedera yang lebih serius.

4. Pastikan Seat Belt Tidak Terpelintir

Tali sabuk harus menempati posisi yang rata pada bagian dada atas dan juga pada daerah paha atas. Jika tali pinggang berada dalam posisi yang bengkok, kekuatan tekanan perlindungan diri melalui pinggang tidak dapat bekerja dengan baik pada tubuh. Hal inilah yang menyebabkan sabuk pengaman jadi kurang efektif bekerja.

5. Pastikan Seat Belt Sudah Terkunci dengan Benar

Ketika menggunakan sabuk pengaman, pastikan telah mendengar suara ‘klik’ ketika sedang menguncinya. Uji kepastian dari keamanan seat belt dengan cara menariknya sesekali. Jika sabuk tersebut tidak terlepas dari slot kunci, itu berarti sabuk pengaman dapat digunakan dengan aman.

Baca juga : Ciri-ciri dan penyebab central lock rusak

Menggunakan seat belt memang sangat dianjurkan dalam standar berkendara, oleh karena itu Anda perlu mematuhinya demi keselamatan diri dan juga keluarga Anda. Namun apabila sabuk pengaman Anda mengalami kerusakan pastikan Anda membawa ke bengkel resmi. Apabila saat ini Anda masih bingung mencari layanan service mobil berkualitas, jangan khawatir! Honda Megatama Group menyediakan pelayanan dan perawatan terbaik untuk seluruh suku cadang dan komponen mobil Honda lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.