Artikel

Ciri-Ciri dan Penyebab Central Lock Rusak!

Mobil-mobil saat ini sudah menggunakan central lock yang berfungsi untuk mengendalikan kunci pintu dari satu tombol saja. Dengan begini, pengemudi tidak perlu khawatir ada pintu yang belum terkunci, apalagi jika membawa penumpang anak kecil.

Akan tetapi, jika komponen dalam mobil tidak dirawat dan dijaga dengan baik maka lama-kelamaan akan timbul beberapa masalah, entah itu masalah ringan ataupun berat. Jika sudah seperti itu, maka solusi satu-satunya yaitu melakukan perbaikan atau service central lock dibengkel mobil terdekat. Lokasi Bengkel

Ciri-Ciri Central Lock Mobil Rusak

  1. Munculnya suara tidak biasa dari dalam pintu mobil.
  2. Kunci central lock mobil tidak berfungsi dengan baik.
  3. Proses penguncian serta pembukaan kunci pintu mobil terjadi sesaat saja.
  4. Remote central lock mobil tidak berfungsi.
  5. Tombol central lock mobil tidak berfungsi.
  6. Timbulnya bau gosong karena ada bagian modul central lock terbakar.

Penyebab Central Lock Mobil Rusak

Adanya permasalahan pada sebuah kendaraan pastinya bisa disebabkan oleh sejumlah hal, termasuk kerusakan central lock mobil. Memang benar bahwa biasanya central lock mobil mengalami kerusakan karena sudah termakan usia pakai. Dimana mobil yang kerap digunakan tentu saja sering juga membuka serta mengunci pintu.

Umumnya, kerusakan central lock mobil dapat terjadi apabila usia pakainya sudah mencapai 5 tahun atau bahkan lebih. Berikut penyebab terjadinya kerusakan pada central lock mobil :

  1. Kerusakan Pada Kabel Kelistrikan Mobil

Hal pertama yang akan dicek adalah bagian kabel-kabelnya. Jika ada kabel yang rusak atau putus pasti menghambat arus listrik. Selain kabel, masalah bisa terjadi pada konektor atau soket kabel pada motor door lock. Selain itu kerusakan juga bisa disebabkan oleh sekring yang putus.
Sebaiknya kamu berhati-hati jika ingin mengecek kondisi central lock tanpa bantuan mekanik service central lock mobil karena banyak komponen-komponen kelistrikan yang berkesinambungan satu sama lain. Jika salah penanganan, bisa-bisa malah merusak komponen yang lain.

  1. Dinamo Motor Penggerak Lemah

Central lock door juga bisa rusak karena dinamo yang lemah. Ini adalah salah satu penyebab central lock door rawan rusak. Komponen ini berbentuk seperti senapan, maka dari itu sering juga disebut “pistol”. Dinamo ini berfungsi untuk menggerakkan pengunci.

  1. Modul Central Lock Rusak

Kerusakan modul central lock ini tergolong jarang terjadi. Jika sudah terjadi, biasanya bengkel service akan menyarankan untuk mengganti dengan komponen yang baru jika diperbaiki pun tidak akan bertahan lama, akan cepat rusak lagi nantinya.

Tips Merawat Central Lock Mobil

  1. Jangan menutup atau membanting pintu mobil terlalu keras.
  2. Berikan cairan pelumas anti karat pada central lock mobil setiap 3 bulan sekali.
  3. Rutin bersihkan sela-sela pintu, paling tidak 6 bulan sekali apabila mobil sering digunakan.
  4. Lakukan service secara rutin beberapa komponen central lock seperti mainboard, modul, actuator dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.